Rabu, 29 Oktober 2014

ANALISIS PASAR UNSUR2 PERMINTAAN DAN PENAWARAN (PENGANTAR SISTEM BISNIS)

www.gunadarma.ac.id
fajriahrahmah.blogspot.com
 @jiahjeje || fajriahrahmah.blogspot.com
HUKUM PERMINTAAN :


*Permintaan adalah sejumlah barang yang dibeli atau diminta pada suatu harga dan waktu tertentu. Hukum permintaan adalah hukum yang menjelaskan tentang adanya hubungan  yang bersifat negatif antara tingkat harga dengan jumlah barang yang diminta.
*Hukum permintaan berbunyi : “semakin turun tingkat harga, maka semakin banyak jumlah barang yang bersedia di minta, dan sebaliknya semakin naik tingkat harga semakin sedikit jumlah barang yang bersedia di minta.” Pada hukum permintaan berlaku asumsi ceteris paribus.
*Hukum Permintaan akan berlaku, apabila terpenuhi syarat-syarat Cateri Paribus:
1.Pendapatan konsumen tetap
2.Kebutuhan konsumen tetap
3.Selera kosumen tetap
4.Harga barang-barang lain tetap
5.Tidak ada barang pengganti
6.Perubahan harga dianggap tidak akan berkelanjutan

7.Barang yang dibeli bukan merupakan barang Prestige

HUKUM PENAWARAN :
*Penawaran adalah banyaknya barang yang ditawarkan oleh penjual pada suatu pasar tertentu, pada periode tertentu, dan pada tingkat harga tertentu. Hukum penawaran menunjukkan keterkaitan antara jumlah barang yang ditawarkan dengan tingkat harga.
*Hukum penawaran berbunyi: “Semakin tinggi harga, semakin banyak jumlah barang yang bersedia ditawarkan, sebaliknya semakin rendah tingkat harga, semakin sedikit jumlah barang yang tersedia ditawarkan.”
*Hukum penawaran akan berlaku apabila faktor-faktor lain yang memengaruhi penawaran tidak berubah (ceteris paribus).

FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERMINTAAN DAN PENAWARAN :

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Permintaan :
*Perilaku konsumen
*Ketersediaan dan harga barang sejenis pengganti dan pelengkap
*Pendapatan atau penghasilan konsumen
*Perkiraan harga di masa depan

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Penawaran :
*Biaya produksi dan teknologi yang digunakan
Jika biaya pembuatan/produksi suatu produk sangat tinggi maka produsen akan membuat produk lebih sedikit dengan harga jual yang mahal karena takut tidak mampu bersaing dengan produk sejenis dan produk tidak laku terjual.
*Tujuan Perusahaan
Perusahaan yang bertujuan mencari keuntungan sebesar-besarnya (profit oriented) akan menjual produknya dengan marjin keuntungan yang besar sehingga harga jual jadi tinggi. Jika perusahaan ingin produknya laris dan menguasai pasar maka perusahaan menetapkan harga yang rendah dengan tingkat keuntungan yang rendah sehingga harga jual akan rendah untuk menarik minat konsumen. 
*Pajak
Pajak yang naik akan menyebabkan harga jual jadi lebih tinggi sehingga perusahan menawarkan lebih sedikit produk akibat permintaan konsumen yang turun.
*Ketersediaan dan harga barang pengganti/pelengkap
Jika ada produk pesaing sejenis di pasar dengan harga yang murah maka konsumen akan ada yang beralih ke produk yang lebih murah sehingga terjadi penurunan permintaan, akhirnya penawaran pun dikurangi.
*Prediksi / perkiraan harga di masa depan
Ketika harga jual akan naik di masa mendatang perusahaan akan mempersiapkan diri dengan memperbanyak output produksi dengan harapan bisa menawarkan/menjual lebih banyak ketika harga naik akibat berbagai faktor.



TERIMAKASIH :)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar