Nama Kelompok : -Fajriah Rohmah (33114893)
-Yolanda Jemny Setiawan (3C114449)
RIZKI
MOBILKU
Anda
adalah seorang konsultan manajemen untuk Rizki Hidayat, pemegang saham
mayoritas dari kelompok 5 dealer mobil merangkap bengkel servis. Ia
telah meminta Anda untuk menghabiskan beberapa hari di Rizki Mobilku, sebuah dealer
yang tidak memberikan kinerja sesuai dengan potensinya. Anda tidak
diperkenankan “mencari masalah”, sebagai gantinya, tugas Anda adalah menemukan
cara-cara untuk membantu manajemen di dealer tersebut mengambil
keuntungan dari setiap peluang.
Satu hari
ketika Anda sedang berbicara dengan Pramono, manajer penjualan untuk Rizki
Mobilku, Anda menyadari bahwa dealer hanya mempergunakan sistem
pemrosesan transaksi—ia tidak menyadari potensi dari informasi yang telah
dikumpulkannya untuk pengambilan keputusan manajerial. Sebagai contoh, Rizki
Mobilku mengetahui tanggal pembelian dan pemilik dari setiap mobil yang
dijualnya, tetapi ia tidak pernah menghubungi pemilik mobil tersebut sehubungan
dengan pemeliharaan rutin. Rizki Mobilku tahu bahwa orang yang membeli sebuah
mobil baru biasanya akan menukar mobil tersebut dengan mobil baru lain 10 tahun
kemudian, tetapi dealer tidak menghubungi pelanggan-pelanggan sebelumnya
ini.
Soal
1. 1. Berdasarkan kasus Rizki Mobilku, jelaskan perbedaan antara data dan informasi.
Data apa yang sebaiknya diproses menjadi informasi di Rizki Mobilku?
Jawab:
Data adalah nilai yang
mendeskripsikan dari suatu objek atau kejadian.
Informasi adalah hasil dari pengolahan data
dalam bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi penerimanya yang
menggambarkan suatu kejadian-kejadian sehingga akan berguna untuk pengambilan
keputusan.
Data yang
seharusnya jadi informasi :
-
Dealer
-
Pemerosesan transaksi (jual, beli)
-
Mobil
-
manajerial
2. 2. Apakah saran anda terhadap kasus Rizki Mobilku untuk mencapai keunggulan
kompetitif ?
Jawab :
Saran
kami dari kasus RIZKI MOBILKU, sebaiknya di lakukan penjurnalan terlebih dahulu
dari pembelian dan penjualan yang terjadi(transaksi) agar tidak terjadi nya
kekeliruan dalam penjurnalan Rizki Mobilku. Hal ini dapat menyebabkan
terjadinya pencurangan dalam melakukan transaksi atau dapat menimbulkan ketidak
nyamanan customer.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar